Metode Penelitian Sosial

ZAHRA MAHREVA BASUKI/201810050311071/Ilmu Pemerintahan B
UTS Mata Kuliah Metode Penelitian Sosial

Judul skripsi:  Inovasi Pelayanan Publik PT POS INDONESIA (PERSERO) dalam Menghadapi Teknologi Informasi (Studi pada Kantor Pos Kota Malang)

Oleh: Farida Rahmawati Az Zahra (201210050311096)

Rumusan Masalah: 
          Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 
Bagaimana inovasi pelayanan publik PT Pos Indonesia (Persero) dalam menghadapi era teknologi informasi? 

Analisis Mengenai Rumusan Masalah: 
        Menurut saya, rumusan masalah sudah sesuai dengan pokok tema dari judul penelitian yang diambil, sehingga isi skripsi akan relevan dan benar-benar memberi jawaban atau informai mengenai judul yang diusulkan. 

Analisis terkait Variabel dalam Penelitian: 

Judul skripsi: Inovasi Pelayanan Publik PT POS INDONESIA (PERSERO) dalam Menghadapi Teknologi Informasi (Studi pada Kantor Pos Kota Malang)

1. Variabel Bebas (Independen) dan Variabel Terikat (Dependen)
--> Variabel bebas sering disebut variabel independen, variabel stimulus, variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel terikat.   
Contohnya, dalam penelitian ini, Teknologi Informasi merupakan variable bebas, sementara Inovasi Pelayanan Publik sebagai variabel terikat yang merupakan akibat dari Teknologi Informasi. 

--> Bisa juga dilakukan dengan pengecekan sederhana dengan kita bisa memastikan bahwa " satu-satunya faktor yang mempengaruhi Inovasi Pelayanan Publik dalah Teknologi Informasi.  
--> Jadi variabel bebas adalah variabel penyebab, sedangkan variabel terikat yang menjadi akibatnya. 


2. Variabel Moderator
--> Variabel yang karena fungsinya ikut mempengaruhi variabel terikat (dependen) serta memperjelas hubungan variabel bebas (independen) dengan variabel terikat (dependen).
--> Contohnya, dalam penelitian ini, yang dapat menjadi variabel moderator nya adalah Profesionalisme. Karena umumnya yang sering muncul di mata publik adalah pelayanan yang diberikan oleh petugas pelayanan. Petugas pelayanan merupakan ujung tombak terdepan yang berhadapan langsung dengan publik. Itu sebabnya, sebagai petugas terdepan harus memiliki profesionalisme. 

3. Variabel Intervening atau Sisipan
-->  Variabel yang mempengaruhi hubungan antara variabel bebas (independen) dengan variabel terikat (dependen) menjadi hubungan yang tidak langsung dan tidak dapat diamati dan diukur atau variabel bebas tidak langsung mempengaruhi timbulnya variabel terikat.
--> Variabel yang berfungsi menghubungkan variabel satu dengan variabel yang lain. Hubungan itu dapat menyangkut sebab-akibat atau hubungan pengaruh-terpengaruh.
--> Contohnya, dalam penelitian ini, yang dapat menjadi variabel intervening adalah:
a. Adanya kemudahan, kenyamanan dalam memperoleh pelayanan, atribut pendukung pelayanan lainnya seperti ruang tunggu ber-AC, kebersihan guna meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh kantor pos. (mempengaruhi variabel independen / bebas )
b. Adanya ketepatan waktu pelayanan, akurasi pelayanan, kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan, inovasi produk, proses dan bisnis. (dipengaruhi variabel dependen / terikat)

4. Variabel Kontrol 
--> Variabel yang dikendalikan, dibuat secara konstan sehingga akan atau tidak mempengaruhi terhadap variabel yang lain. 
--> sebagai kontrol terhadap variabel lain terutama berkaitan dengan variabel moderator dan variabel bebas, juga dapat berpengaruh terhadap variabel terikat. 
--> Contohnya dalam penelitian ini, yang dapat menjadi variabel kontrol adalah sarana dan prasarana yang memadai

5. Populasi
--> Merupakan generalisasi atau keseluruhan terhadap objek/subjek/karakteristik
--> Judul skripsi ini adalah Inovasi Pelayanan Publik PT POS INDONESIA (PERSERO) dalam Menghadapi Teknologi Informasi (Studi pada Kantor Pos Kota Malang) dan yang menjadi populasinya adalah  pegawai kantor Pos Malang.

6. Sampel
--> Menggunakan teknik  Probability sampling, yaitu teknik sampling yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel.
--> Teknik probability sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling, dinyatakan simple (sederhana) karena pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi  untuk mendapatkan sampel yang langsung dilakukan pada unit sampling. Maka setiap unit sampling sebagai unsur populasi memperoleh peluang yang sama untuk menjadi sampel atau untuk mewakili populasinya. 
--> Pada skripsi ini beberapa pegawai kantor pos Malang menjadi sampel sebagai informan atau narasumber.

7. Kesimpulan 
Teknologi informasi merupakan variabel independen (variabel bebas) . Variabel bebas diubah atau dimanipulasi untuk menyebabkan timbulnya  inovasi pelayanan publik (variabel terikat) , sehingga harus ada profesionalisme (variabel moderator) dalam memberikan pelayanan publik berupa ketepatan waktu pelayanan (variabel intervening). Di samping sarana dan prasarana yang memadai  (variabel kontrol ) penulis juga mempertimbangkan tempat, peralatan software maupun hardware. Maka, tempat, peralatan software maupun hardware dianggap menjadi variabel kontrol.   

Komentar